Oleh: agung | Mei 18, 2009

Flashdisk Tidak Bisa Di Safely Remove Hardware di komputer

twinmos_x5 Kadangkala saat kita ingin melepas flashdisk dari Komputer sering muncul pesan informasi “Generic Volume Cannot Be Stopped”. Hal ini memberitahukan kita bahwa flasdisk belum siap dicabut dari komputer, dan sekaligus memberitahukan flashdisk masih dalam suatu proses.

Banyak penyebab sistem operasi Windows tidak mengizinkan kita untuk mencabut flashdisk, Biasanya dikarenakan adanya program atau suatu proses dari sistem yang masih bekerja pada flashdisk tersebut. Dengan melakukan pencabutan secara langsung(=Hot Plug) saat flashdisk yang belum siap di cabut maka akan mengakibatkan rusaknya beberapa file ataupun dapat membuat flashdisk menjadi rusak.

Cara mengatasinya adalah dengan menutup semua windows Explorer yang masih terbuka dan tutup semua program yang sedang mengakses file atau folder pada flashdisk, contoh file word, excel, Jpeg dll. Selain itu ada kemungkinan program antivirus yang sedang melakukan proses scanning dan ada juga disebabkan oleh virus yang menjangkiti flashdisk yang mengakibatkan virus menginfeksi ke komputer. Bisa juga disebabkan adanya program yang berjalan untuk mengakses Flashdisk tanpa sepengetahuan kita.

Jika cara diatas masih belum berhasil ada satu cara lagi yaitu dengan melakukan proses shutdown lihat lampu indikator yang terdapat pada flashdisk jika lampu tersebut sudah mati maka flashdisk telah aman untuk di cabut.


Responses

  1. boleh tambahin pak. jgn remove flasdisk dengan cara klik kanan eject, karena flasdis berbeda dengan CD Rom. kbanyakan orang melakukan pelepasan flasdis dengan cara seperti itu, hasilnya kadang “cannot remove” psti muncul tapi tidak akan muncul ketika di remove dgn cara biasa….
    maaf klo salah kata’

    http://www.tawvic.co.cc

    • makasih atas responnya.
      Memang beberapa orang ada yang melakukan klik kanan > Eject untuk melepas komunikasi flashdisk dengan Komputer. Dan cara ini termasuk cara yang sangat fameliar karena simpel/cepat dalam penggunaannya. Namun cara ini memiliki kelemahan dimana jika ada aplikasi yang berjalan maka secara otomatis aplikasi tersebut terputus tanpa ada ‘permission’.
      semoga membantu..

  2. oh ia, ngga perlu komputer sampe di matikan, kayanya cukup di log off aja deh🙂

    untuk memudahkan eject flashdisk coba pake safelyremove dari situsnya http://www.safelyremove.com

    semoga membantu,

    salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: