Oleh: agung | April 24, 2009

Bagaimana Mempercepat Kinerja Komputer Kita

Mungkin dari teman-teman sekalian pernah mengalami kekesalan yang diakibatkan dari melambatnya kinerja komputer yang kita gunakan. Setiap hari terasa semakin lambat dan membutuhkan waktu beberapa menit hanya untuk membuka satu aplikasi saja. Padahal kita merasa tidak adanya tambahan data yang besar atau menginstalan aplikasi yang berat.

Hal ini terjadi karena beberapa aplikasi memiliki fitur ‘Auto Updated‘ untuk menambah atau sekedar memperbaiki kinerja aplikasi tsb, selain itu juga jika komputer kita terhubung dengan internet maka secara otomatis aplikasi ‘browser‘ yang kita gunakan akan menyimpan setiap alamat website yang kita kunjungi, sehingga sudah semakin pertumpuknya history/data/log yang ada di komputer kita yang tanpa kita sadari telah membebani kinerja komputer kita dan ini disimpan secara otomatis oleh sebagian program.

Hal ini bisa dihindari dengan terlebihi dahulu mengetahui histori perjalanan komputer kita. Hal yang perlu kita lakukan adalah :

  1. Putuskan hubungan komputer sementara dari dunia luar(Jaringan/Internet).
  2. Perhatikan kapasitas hardisk, dalam kondisi normal Windows hanya berkapasitas 3 GB, dan jika memiliki beberapa aplikasi umum kapasitas drive C hanya berkisar 5 GB (Tanpa Data).
  3. Bersihkan komputer kita dari Virus, Spam dan variantnya. Gunakan beberapa antivirus untuk mendapatkan hasil maksimal. (AVG, NOD32, Sdat, PCMAV, dll)
  4. Hapus Recent Documents.
    • Recent Documents adalah record dari file-file yang kita gunakan selama menggunakan komputer. Komputer akan slalu menyimpan record tersebut untuk mempermudah kita membuka kembali file tersebut, namun jika sudah terlalu banyak akan memperlambat kinerja komputer kita.
    • Masuk ke Start > Setting > Taskbar and Start Menu, masuk ke “Start Menu” pilih “Classic Start Menu“, Klik “Clear“, Lalu ok.
  1. Hapus history Internet Explorer beserta Cookies yang ada di Browser Internet.
  2. Hapus semua file yang terdapat pada folder c:\windows\temp. Biasanya windows akan menyimpan beberapa file yang tidak penting di lokasi ini.
  3. Hapus semua file yang ada pada Recycle Bin.
  4. Uninstall program2 yang tidak perlu.
  5. Buang isi Programs/Startup yang tidak perlu atau pindahkan ke folder yang baru (Non Aktif Programs).
  6. Perhatikan isi dari c:\ (Hapus file yang tidak penting)
  7. Perhatikan Jumlah Font yang ada di komputer. Umumnya jumlah Font yang ada di  Windows dibawah 300 jenis font.  Lokasi font ada pada c:\windows\fonts.
  8. Uncheck programs yang tidak perlu di msconfig.
  9. Uncheck aplikasi ‘Visual Effect‘ yang tidak perlu yang ada pada Performance Komputer.
  10. Pindahkan lokasi ‘My Document‘ di drive yang lain. Hal ini untuk menghindari jika terjadi masalah pada system Windows.
  11. Dan yang terakhir defragmentasi hardisk agar posisi file/folder/track didalam hardisk tersusun rapi yang dapat mempercepat performance hardisk.

Bersambung…….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: