Oleh: agung | April 18, 2009

Most Wanted: IT Professionals

Seiring dengan perkembangan dan prospek besar di bidang ini, otomatis semakin besar pula permintaan akan tenaga kerja TI yang berkualitas. Demand yang tinggi akan professional di bidang TI juga membuat semakin banyak lulusan di bidang TI berlomba-lomba memasuki dunia kerja. Ditambah dengan gaji yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan pekerjaan dibidang lain membuat semakin banyak job seekers mencari peluang di sektor ini.

Nah, sebelum terjun ke bidang ini, sebaiknya Anda juga mengenali medan dan mengetahui 5 kategori posisi di bidang TI yang paling dibutuhkan perusahaan hari ini, berdasarkan data yang diperoleh dari JobsDB.com.

1. Application Specialist
Tidak bisa dipungkiri, posisi sebagai programmer, system analyst, web developer, graphic designer menjadi posisi TI terfavorit yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan. Umumnya perusahaan membutuhkan orang yang bisa menganalisa dan mendesain system yang dibutuhkan kelancaran operasional perusahaannya. Dalam melaksanakan pekerjaannya, seorang system analyst banyak berkerja sama dengan programmer. Sehingga timbul keterkaitan antara dua posisi ini.

2. Software Design and Engineering
Walaupun tidak memiliki peminat sebesar kategori application specialist, lowongan sebagai software developer, system engineer, web programmer tetap jadi posisi yang banyak dibutuhkan.

3. System and Network Support
Network administrator, network support, IT system maintenance adalah beberapa posisi di bawah kategori ini. Jika Anda merasa sistem dan jaringan adalah bidang yang Anda minati, kembangkan minat dan keahlian Anda di bidang ini.

4. Technical Support
Setiap perusahaan yang memanfaatkan kemudahan yang diberikan teknologi terutama komputer akan membutuhkan ahli di bidang ini. Posisi sebagai IT staff, technical support staff dan pekerjaan-pekerjaan yang lebih banyak berhubungan dengan hardware berada dalam kategori ini.

5. Business Analyst
Sebagai bagian dari perencanaan strategis untuk pengembangan perusahaan, data yang telah diperoleh perusahaan perlu diolah. Hal itu membuat product analyst dan data analyst menjadi posisi-posisi penting yang dibutuhkan di kategori ini.

Selebihnya, kategori pekerjaan bidang TI lainnya yang diminati mencakup IT Project Management, Product Management, Hardware Engineer, SAP/Oracle dan Technical and Functional Consulting. Dapat dilihat bahwa bidang teknologi informatika memiliki turunan pekerjaan yang sangat terspesialisasi, sehingga jenis pekerjaan di bidang ini juga banyak dan beragam.

Remember : Fokus dan spesialisasi adalah kunci utama keberhasilan seorang professional di bidang TI.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: