Oleh: agung | April 4, 2009

Hati² Jika Menggunakan Hp saat Hujan!!

Mohon di perhatikan sejenak demi kebaikan kita semua..

MUSIBAH 44 orang penonton bola di lapangan bola Senggarang, Tanjungpinang tersambar petir, bahkan seorang di antaranya meninggal dunia, Sabtu petang (21/3) menarik untuk dicermati. Dugaan kuat sambaran petir tersebut dikarenakan sinyal handphone (hp).

Sejumlah korban menuturkan, saat kejadian beberapa orang yang berteduh di warung dekat sebuah pohon besar di pinggir lapangan terlihat memainkan hp di tengah hujan deras yang disertai petir.

Seorang di antaranya Supanti (15), yang akhirnya meninggal dunia setibanya di rumah sakit. Saat kejadian, tiba-tiba muncul kilatan cahaya mengenai pohon dekat tempat Supanti berdiri. Kilatan itu menimbulkan ledakan besar sampai pohon tersebut terbakar. Puluhan orang di sekitarnya langsung jatuh pingsan. Tubuh Supanti gosong pada bagian dada hingga kepala. Sementara, korban lainnya luka pada bagian kaki hingga pinggang.

Kejadian tragis puluhan orang tersambar petir di Tanjungpinang tersebut mengingatkan kejadian serupa yang menimpa satu keluarga di Ruli Kebun Sayur Taman Raya, Batam Center, 1 Maret 2009. Sembilan orang mengalami luka bakar, seorang tewas, yakni Agus Triono (26) yang mengalami luka gosong di bagian kepala dan leher.

Menurut kesaksian nenek Agus, Siti Aisah, saat itu Agus sedang main hp di dalam kamar. Tiba-tiba petir menyambar tepat mengenai kepala belakang dan leher Agus sehingga tewas seketika. Sembilan anggota keluarga lainnya yang berada di rumah tersebut ikut tersambar petir.

Dari dua kejadian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan hp pada saat hujan disertai kilatan petir memang membawa risiko tinggi bagi jiwa kita. Para dokter di Inggris seperti dilansir BBCIndonesia.com (23/6/2006) memperingatkan bahaya dari petir sewaktu telepon genggam digunakan saat terjadi badai.

Pada Jurnal Kedokteran Inggris, mereka mengangkat kasus di mana seorang remaja luka berat setelah tersambar petir ketika sedang berbicara di ponselnya di sebuah taman besar di London pada saat cuaca buruk dan badai. Setahun kemudian, remaja 15 tahun itu lumpuh dan harus pakai kursi roda serta mengalami kerusakan otak, dan pendengarannya tuli. Para dokter di Rumah Sakit Northwick Park di London yang merawat kerusakan pendengarkan gadis itu menemukan tiga kasus serupa. Ketiganya –yang terjadi di Cina, Korea dan Malaysia-, meninggal dunia.

Pertanyaannya, mengapa sinyal hp bisa tersambar petir? Hp merupakan pesawat telekomunikasi yang ketika aktif, pada antena kecilnya (berbahan dasar konduktor) berusaha mencari atau menangkap sinyal kemunikasi berupa gelombang medan elektromagnetik. Pada proses ini, di dalam antena itu elektron-elektron bergerak menghasilkan gelombang medan listrik-magnet. Masih ditambah lagi adanya medan listrik pada hp akibat ‘kebocoran’ medan listrik statis dari baterai hp.

Dengan demikian, di dalam hp terdapat cukup banyak muatan yang dapat menghasilkan medan listrik. Jadi, medan listrik yang terdapat di sekitar hp dapat mempengaruhi gerak ion dan molekul udara. Pada akhirnya keadaan ini berpeluang besar untuk dilalui aliran listrik atau tersambar petir.

Makanya, jangan menggunakan hp saat hujan disertai badai untuk menghindari sambaran petir. Jika melihat kilat atau mendengar suara gemuruh segeralah menuju bangunan yang telah dilindungi penangkal petir atau mendekat ke mobil atau truk. Hindari area terbuka, tempat tinggi, lokasi yang berair, dan logam yang menjulang tinggi. Bila tidak menemukan tempat berlindung, kita harus berjongkok dan usahakan tangan tidak menyentuh tanah atau tidak berbaring di tanah.

Bila bergerombol di ruangan terbuka, buatlah jarak sekitar lima meter. Jika berada di rumah, gunakanlah sandal jepit atau usahakan memakai kaos kaki kering, sebagai upaya ‘memisahkan’ tubuh kita dari tanah. Matikan dan cabut kabel power dari stop kontak listrik semua barang elektronik yang ada untuk mengurangi risiko terkena petir.


Responses

  1. kenapa haruS berada d mobil, apa kah mobil bs mjdi anti petir? maksh

  2. Kalau kita menggantungkan logam magnet di puncak tiang antena tv apakah bisa menangkal petir? atau malah sebaliknya menjadi sasaran samabran petir?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: