Oleh: agung | Mei 25, 2009

Cara mengetahui komputer kita terinveksi VIRUS

Dari berbagai macam customer yang saya hadapi sangat sedikit yang memiliki pengetahuan tentang virus komputer sehingga mereka tidak menyadari bahwa komputernya telah terinfeksi virus. Jika ada informasi yang muncul di komputer(Pop Up) biasanya mereka mengabaikan informasi tersebut, padahal informasi tersebut sangat berguna untuk analisa kita terhadap perubahan yang terjadi pada komputer, sekaligus hal ini memberitahukan adanya aplikasi yang berjalan sendiri. Semakin hari terasa kinerja komputer kita semakin melambat dan tanpa kita sadari juga timbul sugesti dalam diri kita bahwa komputer kita tidak tahan banting, gampang rusak dll. Padahal hal itu diakibatkan karena adanya Virus yang sedang menggerogoti sistem komputer kita.

 

Informasi yang muncul di komputer secara mendadak ada kalanya perlu kita ketahui darimana sumbernya. Karena hal itu menunjukkan ada “Sesuatu” yang berubah dalam sistem komputer kita. Umumnya informasi tersebut adalah tanda tanda bahwa komputer kita telah terinfeksi virus.

 

Disini saya mencoba untuk lebih memaparkan beberapa tanda tanda komputer terinfeksi virus.

 

  1. Jalankan Registry Editor,  caranya klik Start > Run, Ketikkan regedit. Jika yang muncul adalah Jendela Register Editor, berarti tidak ada masalah, namun jika yang muncul Register Editing has Been Disabled by your administrator, atau informasi lainnya, kita patut curiga..
  2. Jalankan System Configuration, caranya klik Start > Run, Ketikkan msconfg, lalu ketikkan msconfig. Jika yang muncul jendela System Configuration Utility berarti sejauh ini komputer kita normal, namun jika yang muncul System Configuration has been disabled by your administrator, kita patut curiga.
  3. Jalankan Group Policy, caranya klik Start > Run,, lalu ketikkan gpedit.msc. Jika yang muncul jendela System Configuration Utility berarti sejauh ini komputer kita normal, namun jika yang muncul Group Policy Editor has been disabled by your administrator, kita patut curiga.
  4. Jalankan Command Prompt, caranya masuk ke Start > Run, Lalu Ketikkan CMD. Jika jendela Command Prompt terbuka menandakan kondisi normal, namun jika tidak bisa dibuka berarti ada masalah.

 

Dari keempat point diatas merupakan hal2 yang umum terjadi jika komputer kita terinfeksi virus. Namun jika kita menyadari ada hal yang berbeda dari kebiasaan yang terjadi di komputer ada kalanya itu akibat dari virus juga. Karena tidak semua virus menyerang bagian itu-itu saja, melainkan ada banyak bagian yang dapat diserang. Antara lain File document Microsoft Word, Excel, Gambar dll

About these ads

Responses

  1. yups,

    tepit bos :)

    adi kita main bas warnet si bagena biasana perban i blok admin warnet na :)

    tapi adi bas komputer ta kemungkinen besar nggo kena virus :)

    salam,

    • bujur… atas kumenndu…

  2. ,,,iya sering banget komputer ku rusak gug tau karna virus gug tau karna pemasangan alat2 komputer laennya gug bener…
    tapi mungkin nie virus kale ea….hhe
    soallnya sering,.,hhe

  3. makasih atas wawasan ilmu pengetahuannya….

  4. makasih atas wawasan ilmu pengetahuannya…. Mas

  5. itu cara biasa semua komputer yang terkena virus bisa kebuka opesi sistim yang bro katakan…..brow tau gak program kusus unk mengetahui virus pada komputr

  6. nice info gan :D :d


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: